More
    Thursday, September 19, 2024
    spot_imgspot_img

    Top 5 This Week

    spot_img

    Related Posts

    Jejak Prestasi Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata

    Bupati Pangandaran yang satu ini tidak saja punya banyak prestasi, program kerjanya selama memimpin Kabupaten Pangandaran patut diacungi jempol

    Siapa yang tidak mengenal H. Jeje Wiradinata pejabat Bupati Pangandaran ?, Pria kelahiran 14 Februari 1965 ini adalah Bupati Pangandaran sejak 17 Februari 2016. hingga saat ini. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Bupati Ciamis periode 6 April 2014 hingga 26 Juni 2015. Berderet prestasi pun telah diraihnya untuk membangun Kabupaten Pangandaran.

    Capaian keberhasilan Bupati H. Jeje Wiradinata selama 4 tahun terakhir memmpin Kabupaten Pangandaran dapat dilihat dari data yang dikutip dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pangandaran antara lain adalah,

    Peningkatkan angka pertumbuhan ekonomi dan PDRB, sukses menekan angka pengangguran terbuka, berkurangnya angka kemiskinan, kenaikan angka Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM), menyetabilkan angka gini ratio dan angka ketergantungan, memberikan pelayanan publik yang baik dan berhasil menciptakan keamanan dan ketertiban, dan mendapat predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI.

    pencapaian pembangunanan pangandaran

    Disisi lain laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Pangandaran sejak tahun 2013 hingga tahun 2018 juga telah mengalami kenaikan.

    Dalam menangani Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Pangandaran pun mengalami penurunan angka, artinya Pemerintah Daerah berhasil menekan angka pengangguran. Pada tahun 2013 tercatat 4,4, tahun 2014 tercatat 3,7, tahun 2015 tercatat 4,8, tahun 2016 tercatat 4,2, tahun 2017 tercatat 3,34 dan tahun 2018 tercatat 3,58.

    Kiprah Bupati Jeje Wiradinata dalam membangkitkan dan mengembangkan koperasi pun juga telah teruji keberhasilannya. Hal ini dibuktikan dengan meraih penghargaan sebagai penggerak koperasi terbaik dari Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Penghargaan diserahkan bertepatan dengan momentum peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 75 tahun 2022 di Stadion Utama Kebondalem Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

    Selain itu, H. Jeje Wiradinata juga mendapat Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia.

    Dwija Praja Nugraha adalah penghargaan yang dianugerahkan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kepada kepala daerah yang memiliki perhatian tinggi terhadap pembangunan pendidikan, profesionalitas, kesejahteraan guru, dan PGRI.

    Bukan tanpa sebab penghargaan yng didapat H Jeje ini, sejak menjabat sebagai Bupati berbagai program digulirkan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia Pangandaran yang handal dan berkarakter diantaranya: Program Pangandaran Hebat, Program Pendidikan Karakter, Penghargaan dan Perlindungan terhadap profesi pendidik, serta dukungan bagi perguruan tinggi.

    Program Pangandaran Hebat merupakan suatu terobosan dalam bidang pendidikan dimana Pemerintah Kabupaten Pangandaran menggratiskan biaya sekolah mulai dari SD/MI, SMP/ MTs, SMA/MA/SMK negeri dan swasta.

    Sedangkan untuk jenjang pendidikan tinggi Pemerintah Kabupaten Pangandaran mengucurkan dana untuk beasiswa mahasiswa di UNPAD Pangandaran dan STITNU Al Farabi Jamanis, dimana anak Pangandaran yang bersekolah di dua kampus tersebut, untuk biaya kuliah, setengahnya dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Semua program ini dalam rangka meningkatkan minat anak untuk terus bersekolah.

    Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran sangat kaya dengan berbagai potensi daerah, dan pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup esensial bagi Kabupaten Pangandaran, terutama wisata pantainya.  Beberapa obyek wisata andalan di Kabupaten Pangandaran antara lain Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, Pantai Karangnini, Pantai Lembah Putri, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Tirta. Pantai Batu Karas dan Pantai Madasari.

    Disamping wisata pantai, obyek wisata yang cukup dikenal adalah Cukang Taneuh atau yang lebih dikenal dengan sebutan the Green Canyon. Tak hanya itu Kabupaten Pangandaran juga memiliki cagar alam dan cagar alam laut yang terletak di Desa Pangandaran yaitu yaitu Cagar Alam Pananjung yang berdampingan dengan Taman Wisata Alam Pangandaran yang menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat.

    Nama Pangandaran yang memiliki arti “Pangan” yang berarti makanan dan “daran” yang berarti pendatang, atau dengan kata lain Pangandaran merupakan “sumber makanan para pendatang” sekarang terbukti. Karena banyak pengusaha dari luar Pangandaran yang saat ini membuka bisnis dan berinvestasi di Kabupaten Pangandaran. terutama mereka para pengusaha dibidang pariwisata.

    Kabupaten yang dahulu mendapat julukan sebagai Kota Nelayan Kecil ini telah berubah menjadi salah satu Kabupaten yang banyak dikunjungi oleh wisatawan tak hanya dalam negeri, namun juga manca negara. Berbagai fasilitas penunjang pariwisata  dari mulai hotel kelas melati hingga berbintang empat telah banyak berdiri disepanjang Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran.  Bahkan Kabupaten Pangandaran juga punya kawasan kampung Turis.

     

    Quote H Jeje Wiradinata

    Popular Articles